Bermain Dengan Amazon SES Part 2 – Setting PHP Configuration

Setelah kita tahu bagaimana caranya menebang kayu sekarang kita belajar memahami apa itu arti kehidupan dalam pandangan seonggok daging yang berusaha bermakna bagi semua orang. Hahahahah begitulah bunyinya.😀
Serius, sekarang kita coba implementasikan SMTP tadi dengan yang namanya PHP (Pemberi Harapan Palsu)😀

Okay, to do point!
Saya akan menggunakan library PHPMailer

Apa itu PHPMailer ?

Adalah salah satu Class PHP (open source) yang digunakan untuk mengirim email, class ini bisa menggantikan fungsi default dari PHP yaitu fungsi mail(). Banyak yang mengeluhkan ketika menggunakan fungsi mail() ini, ada yang mengatakan bahwa ketika kita dari server windows dan pindah ke server linux terdapat beberapa kendala, salahsatunya email lama terkirim. Dari masalah saya sih karena pengaturan untuk mengirim email menggunakan tls itu bermasalah, ga tau sih kenapa, intinya ga bisa aja. Nah ketika saya meminum extract kulit manggis ini saya bisa mengirim tanpa ada masalah. GABBLAAAGGGG!!!

Beberapa fitur PHPMailer yang saya kutip dari situs officialnya yaitu :

  • Probably the world’s most popular code for sending email from PHP!
  • Used by many open-source projects: Drupal, SugarCRM, Yii, Joomla! and many more
  • Integrated SMTP support – send without a local mail server
  • Send emails with multiple TOs, CCs, BCCs and REPLY-TOs
  • Multipart/alternative emails for mail clients that do not read HTML email
  • Support for 8bit, base64, binary, and quoted-printable encoding
  • SMTP authentication with LOGIN, PLAIN, NTLM and CRAM-MD5 mechanisms
  • Native language support
  • DKIM and S/MIME encryption support
  • Compatible with PHP 5.0 and later
  • Much more!

Untuk mendapatkan informasi dan download PHPMailer ini anda bisa kunjungi situs https://github.com/PHPMailer/PHPMailerNah untuk penggunaannya silahkan ikuti saya ya😀
Download library PHPMailer di https://github.com/PHPMailer/PHPMailer setelah itu extract file tersebut

Coba masukan fungsi ini

function sendMail($to, $subjct, $message) {
require_once(“PHPMailer/class.smtp.php”);
require_once(‘PHPMailer/class.phpmailer.php’);
$mail = new PHPMailer();
//$mail->SMTPDebug = 3; // View all process
$mail->IsSMTP(true); // SMTP
$mail->SMTPAuth   = true;  // SMTP authentication
$mail->Mailer = “smtp”;
$mail->Host= “tls://email-smtp.us-east-1.amazonaws.com”; // Amazon SES
$mail->Port = 587;  // SMTP Port
$mail->Username = “SMTP USERNAME”;  // SMTP  Username
$mail->Password = “SMTP PASSWORD”;  // SMTP Password
$mail->SetFrom(“hello@ridwanpadillah.com”, ‘Ridwan Padillah’);
$mail->Subject = $subject;
$mail->MsgHTML($message);
$mail->AddAddress($to);

if(!$mail->Send()){
return false;
} else {
return true;
}
}

Cara penggunaan :

$to = “email@punyalu.com”;
$subject = “Test Aja”;
$message = “Test Pesan”;
$send = sendMail($to, $subject, $message);
if ($send){
echo “berhasil”;
} else {
echo “gagal”;
}

Nah diatas kan ada SMTP USERNAME ama SMTP PASSWORD, sekarang tinggal masukin tuh Credential yang tadi di download dari Amazon SES tadi, kalo ga di download salah sendiri, musti balik lagi ke step Cara Setting Amazon SES.Udah kan udah? yaudah. Selamat Anda berhasil membuat satu fungsi untuk kirim email menggunakan layanan SMTP Amazon SES dengan bantuan library PHPMailer :DSee you next :*

2 thoughts on “Bermain Dengan Amazon SES Part 2 – Setting PHP Configuration

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s