Bermain Dengan Amazon SES Part 1 – Setting Amazon SES

Apa itu Amazon SES ?

adalah layanan Email yang memperbolehkan menggunakan email server cloud untuk mengirimkan email dengan aman dan cepat. Layanan ini mengurangi kompleksitas kita dalam membangun atau menggunakan email servis lainnya karena Amazon SES ini juga sudah terintegrasi dengan layanan-layanan Amazon lainnya.

Apa Keuntungannya?

Dibanding menggunakan layanan email dari server sendiri yang biasanya sudah disiapkan oleh penyedia masing-masing Amazon SES ini lebih bisa menampung banyak request dan dapat lebih cepat mengirimkan request tersebut tanpa harus menunggu giliran kirim😀.

Mengapa demikian?

Amazon SES ini menggunakan SMTP untuk mode pengiriman yang dikirim dari website masing-masing, jadi layanan ini terpisah dengan bandwidth yang dipakai oleh website pengirim email. Tapi biasanya layanan ini digunakan bila dalam website tertentu banyak layanan yang harus menggunakan email untuk sarana pemberitahuan informasi seperti : eCommerce, social media, forum dll.

Curcol

Kasusnya ini ketika saya pribadi sedang mendevelop website yang request pengiriman emailnya lebih dari 50 perhari, saya kelimpungan ketika banyak complain dari customer karena lama sekali menunggu email konfirmasi dari website untuk daftar menjadi user diwebsite itu, websitenya sih theliquidclub.com (promo). Nah disitu saya coba cari tahu, karena kebetulan saya pakai Amazon Web Services, lalu saya coba cari tahu ada aplikasi apa yang bisa saya gunakan untuk mempercepat pengiriman email, dan taraaaaa didapat Amazon SES ini. Nah karena konfigurasinya itu saya coba cari-cari di forum-forum banyak yang belum solved jadi saya berinisiatif untuk membuat artikel ini untuk mempermudah developer indonesia mencari referensi😀. Okay, lanjut kita cari tahu bagaimana caranya.

Konfigurasi Amazon SES di AWS

Masuk & Login ke halaman Console AWS
http://console.aws.amazon.com/console/home

Pilih SES atau masuk ke link ini
https://console.aws.amazon.com/ses/home

AWS Management Console 2014-08-28 17-13-43

Pilih menu SMTP Settings di side menu kiri lalu klik tombol Create My SMTP Credential

SES Management Console 2014-08-28 17-15-44

Masukan IAM User Name sesuai nama yang anda mau lalu klik tombol Create di kanan bawah

IAM Management Console 2014-08-28 17-17-02

Lalu disitu tertera Username SMTP & Password SMTP, untuk memudahkan mengingat silahkan tekan tombol Download di bawah kanan

IAM Management Console 2014-08-28 17-18-15

 

Dan selamat anda mempunyai satu credential user SMTP yang nantinya dipakai untuk Authentication menggunakan SMTP di client server masing-masing. oh ia, ini permasalahan yang saya temui. Ketika saya mengirim email saya selalu mendapatkan respon your email is not verify, setelah saya menjelajah, mendaki gunung lewati lembah kemudian saya mendapatkan ilham. Ternyata kita harus me-request production access kepada pihak Amazon, begini caranya.

Masuk lagi ke halaman SES
https://console.aws.amazon.com/ses/home

Lalu klik Request Production Access atau masuk ke link ini
http://aws.amazon.com/ses/fullaccessrequest/

Isi & Checklist semua yang saya beri tanda kotak, lalu klik tombol Website di tengah bawah

Submit a Case 2014-08-28 17-41-32

Apabila anda bingung apa yang harus ditulis pada isian description, anda boleh tulis saja

“I want to use this SES SMTP to send email on my website”

Hahah mungkin penulisannya salah ya tapi begitulah maksudnya😀
Nah dengan begitu kita siap untuk ketahapan selanjutnya untuk setting pengiriman email SMTP menggunakan PHP

Leave a Reply

